Kamis, 02 April 2009

2012, Penduduk Bumi Tujuh Miliar


Planet bumi makin sesak begitu cepat oleh manusia dalam beberapa tahun ke depan. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memprediksi populasi manusia di dunia akan menembus angka tujuh miliar jiwa pada 2012 dan bakal bertambah dua miliar jiwa pada 2050. Negara berkembang di Asia dan Afrika disebut sebagai penyumbang terbesar atas pertumbuhan populasi tersebut.

Direktur Divisi Populasi PBB Hania Zlotnik mengatakan angka tersebut tidak banyak berubah jika dibandingkan perkiraan pada 2006. ''Kami tetap perkirakan bahwa pada 2050 populasi dunia sekitar 9,1 miliar jiwa,'' ujarnya dalam konferensi pers kemarin (12/3) seperti dilansir Associated Press. Proyeksi tersebut didasarkan pada asumsi angka kelahiran yang saat ini berjumlah 2,56 anak per satu ibu akan turun menjadi 2,02 anak.

Zlotnik memperkirakan jika angka kelahiran konsisten seperti sekarang, populasi manusia pada 2050 akan mencapai angka 10,5 miliar jiwa. Namun, jika tingkat kelahiran turun hingga 1,5 anak, diprediksi populasi manusia hanya meningkat sampai delapan miliar jiwa saja.

Pertumbuhan populasi manusia akan tetap terpusat pada negara-negara berkembang dengan jumlah penduduk tinggi. Sembilan negara yang diperkirakan jumlah penduduknya meningkat lebih dari separuh diantaranya, India, Pakistan, Nigeria, Ethiopia, Amerika Serikat, Kongo, Tanzania, Tiongkok dan Bangladesh.

Sebaliknya, 45 negara dan wilayah yang diprediksi akan menurun jumlah populasinya --minimal 10 persen-- pada periode yang sama, diantaranya, Jepang, Itali, dan beberapa negara pecahan Uni Soviet serta Amerika.

Menurut laporan tersebut perpindahan penduduk terbesar adalah ke Amerika Serikat. Diperkirakan ada 1,1 juta orang setiap tahun antara 2010-2050.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar